Thursday 26 June 2014

Kursus Jarimatika LKP BINA GENERASI

Berhitung Menggunakan jari kita sebut dengan Metode JARIMATIKA. Jarimatika yaitu cara berhitung cepat dan pintar menggunakan dua tangan sepuluh jari, yang dimana anak-anak sangat senang mempelajarinya karena mudah dipahami dan cara pembelajarannya yang sangat menyenangkan serta penuh dengan permainan sehingga anak-anak mudah menerima  materi karena tidak membebani otak pada anak.
Berhitung dengan teknik jarimatika mudah dipelajari dan menyenangkan bagi peserta didik. Mudah dipelajari karena jarimatika mampu menjembatani antara tahap perkembangan kognitif peserta didik yang konkret dengan materi berhitung yang bersifat abstrak. Jarimatika memberikan visualisasi proses berhitung, peserta didik belajar dengan memanipulasi hal-hal konkret tersebut untuk memepelajari materi matematika yang bersifat abstrak dan deduktif. Ilmu ini mudah dipelajari segala usia, minimal anak usia 3 tahun. Menyenangkan karena peserta didik merasakan seolah mereka bermain sambil belajar dan merasa tertantang dengan teknik jarimatika tidak membebani memori otak peserta didik. Teknik berhitung jarimatika mampu menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri, hal itu dapat ditunjukkan pada waktu berhitung mereka akan mengotak-atik jari-jari tangan kanan dan kirinya secara seimbang. Jarimatika mengajak peserta didik untuk dapat mengaplikasikan operasi hitung dengan dengan cepat dan akurat menggunakan alat bantu jari-jari tangan, tanpa harus banyak menghafalkan semua hasil operasi hitung tersebut.
Praktis dan efisien. Dikatakan praktis karena alat hitungnya jari maka selalu dibawa kemana-mana. Alatnya tidak akan pernah ketinggalan dan tidak akan disita apalagi diambil, jika si anak ketahuan memakai jari-jari sebagai alat hitungnya pada saat ujian. Efisien karena alatnya selalu tersedia dan tidak perlu dibeli. Penggunaan “Jarimatika” lebih menekankan pada penguasaan konsep terlebih dahulu baru ke cara cepatnya, sehingga anak-anak menguasai ilmu secara matang. Selain itu metode ini disampaikan secara fun, sehingga anak-anak akan merasa senang dan gampang bagaikan “tamasya belajar”.  Pengaruh daya pikir dan psikologis karena diberikan secara menyenangkan maka sistem limbik di otak anak akan senantiasa terbuka sehingga memudahkan anak dalam menerima materi baru.
Membiasakan anak mengembangkan otak kanan dan kirinya, baik secara motorik maupun secara fungsional, sehingga otak bekerja lebih optimal. Tidak memberatkan memori otak, sehingga anak menganggap mudah, dan ini merupakan langkah awal membangun rasa percaya dirinya untuk lebih jauh menguasai ilmu matematika secara luas. Pengaruh daya pikir dan psikologis Karena diberikan secara menyenangkan maka sistem limbik di otak anak akan senantiasa terbuka sehingga memudahkan anak dalam menerima materi baru.

PENERAPAN PADA ANAK
Metode Jarimatika bisa dipelajari oleh anak pada usia 4 tahun setelah anak bisa membaca dan menulis dampai dengan usia 12 tahun.

PENGGUNAAN METODE    
Dibandingkan dengan metode lain, metode Jarimatika lebih menekankan pada pengasaan konsep dasar terlebih dahulu baru ke cara yang lebih cepat. Sehingga anak-anak menguasai ilmu secara matang, selain itu metode ini disampaikan secara fun sehingga anak-anak akan merasa senang mempelajarinya dan mudah menerima materi yang disampaikan secara bertahap sambil bermain.

KEISTIMEWAAN
Jarimatika adalah cara berhitung KaBaTaKu (kali, bagi, tambah, kurang) dengan menggunakan jari tangan. Biasanya, anak-anak paling takut dan paling tidak senang dengan pelajaran berhitung. Namun, jarimatika memberikan sebuah solusi yang lain, sehingga berhitung menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Jarimatika  paling efektif diajarkan pada anak usia kanak-kanak (4-6 tahun) dan usia sekolah dasar (6-12 tahun). Kita sebagai orang tua pun dapat mempelajarinya juga. Apa keunggulan jarimatika dibandingkan metode lain:
1.         Memberikan visualisasi dalam proses berhitung,
2.         Menggembirakan anak saat menggunakannya,
3.         Tidak memberatkan memori otak,
4.         Alatnya adalah jari tangan yang tidak perlu membeli, tidak pernah ketinggalan,  selalu dibawa kemana saja, dan tidak bisa disita pada saat ujian,
5.         Membentuk mental berhitung yang cemerlang karena secara nyata mengedepankan proses mendapatkan hasil  merangsang potensi otak sehingga berkembang dan mencapai fungsi yang optimal,  meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan ketelitian dalam berpikir.
Belajar jarimatika dapat membantu anak dalam pelajaran matematika, sehingga anak tidak phobia/alergi terhadap matematika atau pelajaran lain yang berbasis ganda. Selain itu, anak yang belajar jarimatika biasanya menjadi lebih percaya diri, lebih tekun, dan lebih kreatif dalam menciptakan ide-ide.

JENJANG PENDIDIKAN
Jenjang pendidikan dari metode berhitung yang kami kembangkan terdiri dari 6 (enam) tingkat yang di dalamnya berisi pengenalan angka, penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian yang diawali dengan konsep-konsep cara berhitung dengan menggunakan jari tingkat (1) satu dan (2) dua untuk anak TK (Taman Kanak-kanak) dan untuk SD (Sekolah Dasar) dari tingkat 1 (satu) sampai tingkat 6 (enam). Setiap tingkat ditempuh dalam waktu 3-4 bulan efektif, dalam satu minggu satu kali pertemuan, dengan durasi waktu 60 menit efektif.

PROGRAM PEMBELAJARAN DARI YANG ADA DI TEMPAT KAMI ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
1.    Regular At School
Program Pembelajaran  ini dilaksanakan di sekolah dan waktu pelaksanaan diadakan setelah jam sekolah atau sore hari. Pembelajaran ini berbentuk kelas.
2.    Privat At Home
Program Pembelajaran ini dilaksanakan di rumah siswa dan pendidik mendatangi langsung ke rumah yang bersangkutan. Pembelajaran ini berbentuk privat/perseorangan.
3.    Regular at Course
Program Pembelajaran ini dilaksananakan di Education and Training Cetre Bina Generasi dan siswa mendatangi langsung ke tempat kursus. Pembelajaran ini berbentuk kelas.
4.    Privat At Course
Program Pembelajaran ini dilaksananakan di Education and Training Cetre Bina Generasi dan siswa mendatangi langsung ke tempat kursus. Pembelajaran ini berbentuk privat/perseorangan.

0 comments:

Post a Comment