Monday 21 December 2015

Jenis Jenis Monitor Komputer desktop

Monitor adalah piranti komputer yang digunakan sebagai tampilan yang menunjukan hasil kerja sebuah komputer. Monitor merupakan sebuah layar yang memiliki ukuran seperti televisi, yang diukur berdasarkan panjang diagonal layarnya.
Ketajaman sebuah monitor dapat diukur dari tingkat resolusinya. Ukuran resolusi inti ditentukan oleh picture element (jumlah piksel) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layar. Semakin besar resolusi sebuah monitor, maka semakin bagus kualitas gambar pada monitor.
a)      Monitor CRT
Monitor CRT (cathode ray tube / tabung sinar katoda) adalah monitor yang terbuat dari tabung hampa, sama halnya dengan monitor televisi. Hal ini yang membuat monitor CRT memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan monitor LCD. Monitor CRT banyak digunakan pada komputer-komputer generasi awal.
b)     Monitor LCD

Liquid crystal display (LCD / Kristal cair) adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan diberbagai bidang, salah satunya pada alat-alat elektronik (seperti televisi, kalkulator dan layar monitor).
            
c)      Monitor LED
(Light Emitting Diode) memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Perbedaan secara fisik pada LED komputer lebih ramping / tipis. Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner tergantung tipe dari merek tertentu. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang menggunakan teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang menggunakan CCFL Backlight (lampu neon berjenis fluorescent), monitor LED mampu menghemat konsumsi listrik hingga 50 – 70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.

0 comments:

Post a Comment