Monday 21 December 2015

Prosedur Service Dalam Peripheral Komputer meliputi printer dan bagian printer Catrridge

1)      PRINTER
Printer adalah perangkat output komputer yang dapat menghasilkan informasi teks maupun gambar pada media kertas.
Setiap merk printer memiliki permasalahan dan penanganan yang berbeda. Namun demikian, ada juga beberapa kerusakan umum yang sering Anda jumpai, misalnya pada printer merek canon, printer mati total dengan lampu indikator berkedip hijau-orange bergantian, proses cetak berhenti dan mengeluarkan pesan “Waste ink thank full”.Tipe kerusakan ini penyebabnya adalah penampung buangan tinta (berbentuk gabus) yang telah jenuh.Terlalu seringnya melakukan cleaning print head membuat masalah ini kerap muncul. Saat cleaning, printer akan menyedot tinta dan jika berlebih akan dibuang ke penampung.
TIP MENYELAMATKAN CATRIDGE :
· Persyaratan :
· Print head tidak cacat.
· Catridge tetap dingin saat printer dihidupkan ≥ 15 menit.
· Ada respon dari catridge saat tombol panel atau tutup printer dibuka.
Solusi :

Membersihkan print head yang tersumbat :

Print head yang mengering atau tersumbat membuat tinta tidak keluar, warnannya putus-putus atau warna hitam tidak keluar sama sekali. Kejadian seperti ini sering dialami pada jenis printer inkjet.
Jika Anda sering memeriksa kondisi print head secara periodik, masalah ini mungkin jarang terjadi. Untuk menangani masalah ini, coba lakukan test printer secara berulang-ulang dengan fasilitas bawaan driver printer. Lakukan pula proses pembersihan head (head cleaning).
Cara diatas hanya berguna jika sumbatan pada head tidak terlalu parah. Untuk head yang tersumbat parah, cara ini biasanya jarang berhasil. Jika proses cleaning Anda lakukan berulang-ulang, selain boros tinta, juga dapat menimbulkan masalah “waste ink thank full” yang memerlukan proses reset. Solusinya coba Anda bersihkan head printer dengan merendamnya ke dalam air hangat yang dicampur sedikit alcohol atau amoniak. Bagian yang dimasukan ke cairan hanya headnya saja. Jika perlu, gunakan cairan khusus untuk membersihkan head printer yang mengering.
Mereset printer + catridge :
Lampu berkedip-kedip dan tak mau mencetak. Langkah yang harus Anda ambil adalah mereset printer + catridge. Tujuan mereset adalah menghapus informasi tentang kondisi yang ada di printer termasuk “waste ink thank full”. Mereset printer ada dua metode, yaitu secara manual dan melalui software.
Manual
· Cabut semua kabel. Pasang kabel power sambil menekan tombol power (jangan dilepas).
· Tekan tombol resume, kemudian lepas dalam keadaan tombol power masih ditekan.
· Tekan sekali lagi tombol resume, kemudian lepas.
· Lepas tombol power
Langkah tersebut adalah untuk mereset printer secara sementara (bila listrik dicabut, masalah timbul kembali). Untuk menyelesaikan sampai tuntas, perlu direset permanen melalui software. Softwarenya dapat Anda download dari internet.
Langkah di atas belum menyelesaikan masalah secara total, selama gabus penampung buangan tinta masih jenuh atau filter penghisap tinta tersumbat atau kotor. Bongkar printer Anda, ambil gabusnya, cuci dan keringkan.
Software
· Driver printer harus telah terinstal pada komputer Anda.
· Printer harus dalam keadaan service mode (temporary reset). Untuk masuk ke service mode, ikuti langkah-langkah berikut :
· Pasang kabel power, lampu akan menyala hijau.
· Sambil tetap menekan tombol power, tekan tombol resume (lampu berubah orange).
· Lepas keduanya (printer akan mati).
· Nyalakan kembali (jangan mencabut power listrik)
· Jalankan service tool.
· Pilih port.
· Beri tanda cek pada EEPROM CLEAR (restore default/clear waste ink).
· Klik EEPROM DUMP (untuk sebagian kasus printer blinking).
·Untuk IP 1500, pada CLEAR WASTE INK COUNTER, klik MAIN lalu PLATEN.
·Untuk IP 1000, pilih USB PORT.
· Klik TEST PATTERN 1, lalu klik TEST PATTERN 2.
· Klik EEPROM CLEAR. Pada SETDESTINATION pilih IP 1000.

Cabut kabel power, pasang kembali dan nyalakan. Printer akan melakukan inisialisasi. Tunggu hingga lampu tidak berkedip.


0 comments:

Post a Comment