Monday 21 December 2015

Cara Memperbaiki Harddisk HDD

Harddisk adalah disk magnetic tempat menyimpan data secara permanen. Karena harddisk adalah alat penyimpanan data maka service yang paling penting adalah penyelamatan data terlebih dahulu dari segala kemungkinan kehilangan data pimilik kompoter tersebut. Peserta didik sangat dibimbing untuk memperhatikan betapa pentingnya sebuah data didalam komputer sehingga lebih berhati hati dengan komponen ini. Bagi komputer yang sudah digunakan bertahun tahun apalagi digunakan didalam kantor terkadang isi data itu lebih mahal daripada sebuah harddisk itu sendiri. Setelah harddisk dibackup maka proses service yang lebih berat bisa dilakukan. Penekan ini sangat diutamakan untuk menghilangkan kejadian yang tidak diinginkan seperti teknisi yang dituntut karena data konsumen hilang.
Dalam langkah-langkah service atau penyelamatan harddisk diterangkan sebagai berikut:
· Tidak keditek
Persyaratan :
· Motor platter berputar secara kontinyu dengan putaran konstan, saat konektor power harddisk dihubungkan dengan kabel power supply.
· Ada tampilan dilayar monitor, saat harddisk dihubungkan dengan kabel data dan kabel power.
· Tidak ada komponen yang hilang atau terbakar didalam sirkuit logic board.
· Tidak terdengar suara benturan logam didalam harddisk, saat harddisk dihubungkan dengan power supply.
Solusi :
· Ketoklah bagian mekanik harddisk (motor penggerak head harddisk) dengan gagang obeng pada saat harddisk dihubungkan dengan power supply.
· Jatuhkan harddisk dengan ketinggian ≤. meter (posisi motor head berada dibawah).
· Masukan harddisk kedalam tuperware, kemudian masukan kedalam freezer selama 24 jam.
· Kanibal logic board harddisk dengan merek dan kapasitas yang sama.

Bad sector
· Hirent Boot’s (Mini Windows XP), membackup data yang ada di drive C ke drive lain, sebelum instalasi ulang Windows.
· Disk Manager, berfungsi menyembunyikan bad fisik dengan teknik multi partisi atau dikenal dengan istilah pemotongan harddisk.

· Flobo, berfungsi memperbaiki bad sector, software ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki flash disk atau memory card (Hard disk dan memori card keditek dan tidak ke lock).

0 comments:

Post a Comment